Belajar di Kanada 2


Di Kanada, propinsi dan wilayah teritori bertanggungjawab terhadap pendidikan dasar, menengah dan perguruan tinggi. Konsekuensinya, Kanada tidak memiliki suatu Departemen Pendidikan Federal/Nasional.

Pendidikan taman kanak-kanak sampai grade 12 dibiayai oleh negara, wajib buat semua murid dan bebas biaya buat semua warga negara dan penduduk tetap Kanada (Canadian Permanent Resident). Umur wajib sekolah bervariasi di seluruh Kanada tapi umumnya antara umur 5 – 7 dan 16 – 18. Tahun ajaran baru biasanya mulai dari September sampai Juni. Sebagian besar anak-anak di Kanada bersekolah di sekolah-sekolah umum. Sekitar lima persen murid bersekolah di sekolah swasta.

Sistem pendidikan Kanada dibagi dalam lima bagian:

  • Taman Kanak-Kanak
  • Sekolah Dasar
  • Sekolah Menengah
  • Pelatihan Karir dan Kejuruan
  • Universitas atau institusi lain

Belajar Bahasa Inggris atau Perancis di Kanada

Pemerintah Kanada, bekerjasama dengan pemerintah tiap propinsi, dan institusi-institusi lain menawarkan pelatihan bahasa gratis di seluruh bagian negara bagi penduduk baru/imigran dewasa yang baru datang. Di sebagian besar propinsi, nama program itu adalah LINC, kependekan dari Language Instruction for Newcomers to Canada (Instruksi Bahasa bagi Pendatang baru di Kanada).

Sebagian besar universitas dan community college juga menawarkan kelas-kelas pelajaran bahasa, begitu pula beberapa sekolah bahasa swasta dan organisasi kemasyarakatan, tapi sebagian besar dari mereka akan memungut biaya untuk pendidikan. Murid-murid dari negara lain, boleh datang ke Kanada dan belajar bahasa Perancis atau Inggris sampai jangka waktu enam bulan, tanpa memerlukan mengajukan ijin belajar (Anda mungkin dituntut untuk mengajukan ijin tinggal sementara).

Bagi anak-anak, ada banyak program dalam sistem sekolah. LINS dan program lain membantu murid-murid sekolah dasar dan menengah yang memerlukan pelatihan bahasa yang intensiv, dalam kurikulum sekolah umum dan juga memiliki program khusus yang dirancang untuk membantu pendatang baru.

Kanada Sebagai Salah Satu Pilihan Tujuan Untuk Bejarar

BANYAK orang Indonesia tidak begitu tahu mengenai negeri Kanada. Komentar spontan yang selalu muncul dari kebanyakan orang Indonesia bila ditanya soal Kanada, hanya “Negeri yang amat jauh. Terlalu jauh dari Indonesia”. Itu saja. Padahal, negeri tetangga Amerika Serikat ini menawarkan pendidikan yang bermutu tinggi dan tidak kalah dengan pendidikan di negara maju lainnya.

Memang, dari segi waktu perjalanan, jarak tempuh Jakarta – Vancouver, Kanada, memerlukan waktu lebih dari 17 jam terbang. Itu belum termasuk waktu yang diperlukan untuk transit. Maka tidak mengherankan bila kesan masyarakat umum mengenai Kanada, hanya sebatas “negeri yang jauh”. Padahal, negeri di belahan utara Benua Amerika dengan luas daratan 9.093.507 kilometer persegi ini, juga menawarkan pendidikan yang berkualitas tinggi. Sejauh ini, Pemerintah Kanada amat mementingkan pendidikan dan menuntut adanya sekolah-sekolah berkualitas wahid. Bahkan, pengeluaran per kapita Kanada untuk sistem pendidikan, lebih besar dibandingkan dengan negara G-7 lainnya. Kanada juga bisa disebut satu dari tiga negara tertinggi pada Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (Organization of Economic and Development-OECD). “Gelar dan lulusan universitas Kanada, diakui di seluruh dunia. Mahasiswa asing lulusan universitas-universitas Kanada, umumnya sukses kariernya dan mendapat tempat mapan. Biaya belajar di Kanada juga tidak mahal, amat kompetitif, mampu bersaing dengan Australia, Amerika Serikat, atau yang lain,” jelas David Verbiwski, Komisaris Perdagangan dan Sekretaris Ketiga Kedubes Kanada di Jakarta.

Meskipun belajar di Kanada tidak gratis, namun biaya yang harus dikeluarkan untuk tiap mahasiswa asing sekitar 7.100 dollar Kanada (4.765 dollar AS) untuk satu tahun ajaran (delapan bulan). Biaya pendidikan itu untuk program seni dan sains. Tetapi, lain tempat, biaya yang dikeluarkan juga berbeda- beda.

PENDIDIKAN di Kanada, baik yang dibiayai pemerintah maupun swasta, mulai dari taman kanak-kanak hingga pra- universitas, menjadi tanggung jawab provinsi di bawah undang-undang Kanada. Karena itu, secara tidak langsung ada perbedaan dalam sistem pendidikan pada masing-masing (12) provinsi di Kanada, namun dengan tetap menjaga kualitas yang tinggi.

Pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, pemerintah Kanada menerapkan ketentuan bahwa semua anak usia enam tahun sudah harus masuk kelas I. Sedangkan sekolah menengah bisa sampai kelas 11, 12, atau 13, tergantung ketentuan yang berlaku pada tiap provinsi. Dari situ, pelajar dapat masuk universitas, perguruan tinggi, atau belajar di CEGEP (College d’enseignement général et professionnel atau College of General and Vocational Education), yaitu Perguruan Tinggi Pendidikan Umum dan Kejuruan. CEGEP juga bisa disebut sebagai “kelas persiapan” sebelum masuk perguruan tinggi, dengan lama belajar dua tahun untuk pendidikan umum dan tiga tahun untuk pendidikan teknis. “Yang jelas, seluruh lembaga pendidikan tinggi di Kanada, menawarkan pendidikan dengan kualitas yang tinggi pula. Karena itu, kepada siapa pun yang ingin belajar di Kanada, sebaiknya lebih dulu mencari informasi selengkap mungkin mengenai bidang studi yang akan diambil, kemudian mencari informasi perguruan tinggi mana yang menawarkan disiplin ilmu yang dimaui,” lanjut Verbiwski.

Begitu tingginya kualitas pendidikan di Kanada, membuat sebuah survei Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menempatkan Kanada sebagai tempat hidup terbaik. Survei tahunan itu mengevaluasi kualitas hidup pada 174 negara dengan menggunakan 200 indikator. Secara khusus, Kanada mendapat nilai tinggi untuk akses pendidikan, harapan hidup lebih tinggi, serta tingkat kejahatan atau kekerasan yang amat rendah. Bahkan, Vancouver, Toronto, dan Montreal, diakui sebagai kota-kota di Kanada berkelas dunia untuk hidup dan bekerja, termasuk di dalamnya kebersihan dan keamanannya yang terjaga.

Tingkat keamanan dan kedamaian yang terjaga, membuat tingkat kejahatan di negeri dengan dua bahasa utama-Inggris dan Perancis-tersebut terus menurun sejak tahun 1990. Hingga tahun 1997, kejahatan dan kekerasan semakin menurun, dan tingkat pembunuhan di Kanada kurang dari satu persen dari seluruh insiden kekerasan.

SAAT ini, Kanada dinilai mengalami pertumbuhan pesat dalam industri berteknologi tinggi dan menyabet reputasi internasional untuk produk- produk telekomunikasi, transportasi, dan teknik terutama penerbangan angkasa, pengangkutan dalam kota, mikro- elektronika, peralatan kedokteran, software canggih, hidro- elektrika dan tenaga nuklir, serta laser dan opto-elektronika, bioteknologi, pemrosesan makanan dan minuman, geomatika dan industri lautan serta lingkungan alam.

Kabel Teleglobe’s CANTAT 3, barangkali bisa disebut sebagai salah satu puncak industri telekomunikasi Kanada. Kabel jenis pertama di dunia ini mampu mendukung transmisi multi- media lintas samudera dalam kecepatan tinggi dan kapasitas besar.

Kanada juga termasuk satu di antara negara pertama di dunia yang melihat kebutuhan untuk menghubungkan sekolah dan perpustakaan dengan Internet. Dan program SchoolNet telah berhasil membuat Kanada menjadi negara pertama di dunia yang menghubungkan sekolah dan perpustakaannya dengan informasi jalan raya.

Bahkan, sejak beberapa bulan terakhir, Kanada mencanangkan akan menjadi negara pertama yang amat memperhatikan lingkungan, dengan menciptakan moda-moda transportasi tak berpolusi dan berteknologi hidrogen.

Sumber: Online artikel di Radio Nederland

Menghitung Biaya Hidup di Kanada

SEBELUM berangkat untuk menuntut ilmu di Kanada, ada baiknya mengetahui lebih dulu masalah biaya yang harus dikeluarkan. Paling tidak, harus dihitung pengeluaran untuk transportasi, pemakaian telepon, makan, mengirim surat, dan penginapan.

Untuk transportasi, bus-bus kota dalam keadaan bagus dengan ongkos 2,00 dollar Kanada (1 dollar Kanada= 1,25 dollar As) sekali jalan. Meski demikian, bisa pula seorang mahasiswa membeli karcis bus terusan, yang bisa dipakai untuk naik bus maupun kereta. Adapun telepon lokal ongkosnya tak lebih dari 0,25 dollar Kanada. Keperluan surat-menyurat dalam negeri Kanada ongkosnya sekitar 0,50 dollar Kanada, sedangkan untuk internasional sekitar 1,30 dollar Kanada.

Selain itu, perlu disadari, bahwa beberapa provinsi memungut pajak untuk barang dan jasa pelayanan. Semua provinsi memungut pajak federal yang disebut Goods and Services Tax (GST) sebanyak tujuh persen dari seluruh pembelian. Bagi para tamu dan pelancong, sebagian pajak GST bisa diminta kembali saat keluar dari Kanada, dengan menyertakan bon asli barang yang dibeli. Selain pajak GST, pemerintah juga menerapkan pajak lain, pajak pemerintah pusat.

HAL lain yang tidak kalah penting adalah tempat tinggal, baik sementara (saat datang) maupun ada keputusan untuk belajar di Kanada. Akomodasi sementara itu bisa berupa hotel yang banyak terdapat di kota-kota besar di Kanada. Harganya pun bervariasi. Tarif terendah berkisar 45-75 dollar Kanada. Harap “waspada” dengan hotel bertarif ini, karena hotel bermutu baik sulit ditemukan dengan kisaran harga ini, terutama di kota-kota besar. Hotel bertarif sedang berkisar 55-135 dollar Kanada. Tarif mahal berkisar 135-250 dollar Kanada. Sementara itu, hotel berbintang lima berkisar 250 dollar Kanada ke atas.

Apabila hotel akan digunakan sebagai tempat tinggal sementara, disarankan untuk memesan jauh hari sebelumnya, bila Anda akan datang antara Mei hingga Agustus. Pada masa-masa itu, merupakan puncak musim turis, dan hampir 90 persen hotel di Kanada sudah dipesan.

Pilihan penginapan lain, yaitu yang sering disebut Bed and Breakfast. Kamar-kamar ada dalam rumah-rumah pribadi atau penginapan lokal. Kebanyakan kamar tidak memiliki kamar mandi dan kamar kecil sendiri. Bed and Breakfast ada dalam berbagai rumah kuno, atau berdampingan townhouse modern, rumah petani, dan sebagainya dengan tarif 35-105 dollar Kanada per malam.

Penginapan termurah di kota besar lainnya, yaitu Hostel Pemuda/YWCA/YMCA. Sesuai harga sewa berkisar 10-20 dollar Kanada per malam, menyediakan fasilitas penginapan yang ekonomis. Meski demikian, pada penginapan ini ada sejumlah fasilitas seperti kamar kecil, kamar mandi, dan dapur, yang dapat digunakan bersama-sama. Hostel-hostel yang tersebar di seluruh Kanada ini dipantau oleh Canadian Hosteling Association. Untuk itu, bila ingin menggunakan hostel sebagai tempat sementara, ada baiknya menghubungi International Youth Hosteling Association.

Meski murah, hotel-hotel YWCA/YMCA umumnya bersih, aman, nyaman, dan dilengkapi pusat kebugaran termasuk kolam renang. Namun, pada musim panas, hostel dan YMCA/YWCA cepat penuh. Untuk itu, perlu dilakukan reservasi jauh sebelumnya. Untuk YMCA/YWCA, rata-rata kamar 24-45 dollar Kanada per malam.

SEMENTARA itu, untuk akomodasi jangka panjang, ada yang disediakan oleh sekolah maupun di perumahan luar kampus.

Akomodasi yang disediakan sekolah bisa berupa tempat kos atau asrama. Adapun akomodasi di luar kampus berbentuk sewa rumah.

Kebanyakan keluarga Kanada membuka kos-kosan dan mereka umumnya menyambut baik para mahasiswa asing. Indekos pada keluarga Kanada juga merupakan cara efektif untuk memperbaiki bahasa Inggris atau Perancis, belajar tentang kehidupan sehari-hari di Kanada, dan menjumpai kenalan baru. Indekos juga menawarkan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak muda (terutama perempuan) yang datang belajar di Kanada.

Sejauh ini indekos diatur oleh sekolah. Kebutuhan mahasiswa umumnya disesuaikan dengan keluarga-keluarga yang memiliki minat serupa. Sementara itu, fasilitas dan lokasi, berbeda-beda dari satu rumah ke rumah lain. Untuk itu, katakanlah kecenderungan yang Anda miliki, kebiasaan yang Anda miliki, dan keperluan apa saja yang diperlukan agar sekolah bisa mencarikan tempat kos yang sesuai dengan keinginan. Biasanya, sekolah akan mengatur agar perwakilan sekolah atau keluarga kos menjemput Anda di bandara saat Anda tiba.

Tarif indekos berlainan, tergantung lokasi. Beberapa tempat kos akan memungut biaya penempatan hingga 200 dollar Kanada. Tarif rata-rata indekos adalah 400-800 dollar Kanada per bulan.

Akomodasi lain yang termasuk murah adalah asrama. Banyak lembaga pendidikan mempunyai akomodasi yang letaknya strategis atau dekat kampus. Ukuran kamar dan mutu bisa berbeda-beda. Namun, banyak asrama mempunyai fasilitas dapur, kamar kecil, kamar mandi, dan tempat cuci yang digunakan bersama. Asrama biasanya dipisahkan menurut jenis kelamin. Dalam beberapa hal, ada asrama yang memiliki kafetaria dan langganan makan yang termasuk dalam tarif kamar. Kebanyakan asrama dilengkapi perabot. Tarif rata-rata kamar di asrama 3.000-7.500 dollar Kanada per tahun.

Bentuk akomodasi yang lain adalah menyewa rumah, dengan harga, mutu yang bervariasi. Ongkos sewa, sering cukup mahal, terutama di kota-kota besar. Selain itu, tempatnya pun tidak selalu tersedia. Untuk menghemat biaya, banyak mahasiswa ramai-ramai sewa rumah. Lokasi rumah pun diupayakan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Meski demikian, banyak sekolah menawarkan pelayanan perumahan di luar kampus dan menyediakan daftar perumahan yang terjangkau di dekat kampus. Pada pusat pelayanan ini, mereka yang ingin mencari penginapan bersama juga bisa mendapatkan teman sekamar. Setiba di kampus, bisa ditemukan berbagai macam selebaran yang ditempel di seluruh kampus yang mengiklankan penginapan di sekitar kampus. Namun yang paling baik, aturlah seluruh langkah sebelum tiba di Kanada.

Selain rumah, ada pula yang memilih apartemen untuk tempat tinggal. Daftar apartemen atau rumah yang tersedia, umumnya diterbitkan setiap minggu pada koran setempat. Para mahasiswa harus berusaha sendiri untuk menentukan tempat yang sesuai, karena sekolah tidak memeriksa tempat ini dan tidak dapat mengaturnya. Kebanyakan pemilik apartemen meminta deposito untuk menanggulangi kerusakan dan uang sewa dibayar bulanan dalam bentuk tunai atau cek. Mengingat sewa apartemen mengaitkan pihak lain, perjanjian dengan pemilik apartemen harus dilakukan dengan teliti. Periksalah dengan teliti dan pahamilah syarat-syarat kontrak sebelum menandatanganinya. Periksa dengan teliti keadaan apartemen atau kamar sebelum menandatangani kontrak guna menentukan apakah ada yang perlu diperbaiki oleh pemilik sebelum Anda masuk.

Saat ini, tarif rata-rata penginapan untuk tinggal bersama sekitar 250-700 dollar Kanada per bulan. Adapun tarif rata-rata apartemen 400-1.500 dollar Kanada per bulan.

ADA beberapa hal yang perlu diingat saat memilih akomodasi di Kanada.

  • Cobalah membuat perencanaan sebelum datang; hal ini amat diperlukan jika Anda memerlukan akomodasi selama bulan-bulan musim panas, dan selama liburan atau festival.
  • Jika Anda tinggal di hotel atau hostel, maka begitu tiba, periksalah selalu kamar sebelum melakukan pembayaran. Jika Anda tidak yakin dengan lokasinya, tanyakan ke perhimpunan wisata setempat.

Sumber: Online artikel di Kompas.com

Author: Sumarwoto Hadi

Menabur ilmu, menebar benih kebahagiaan saat ini dan masa depan....

4 thoughts on “Belajar di Kanada 2”

  1. monggo yang berminat mo jalan-jalan ke LN, mungkin sobat yang lain punya info tentang study di LN yang lain … ?? tengkyu …

  2. Maaf mas James, jawabannya agak telat, program LINC diperuntukan untuk orang pribumi atau para imigran kalau untuk turis bisa saja asalkan waktu tinggal / berkunjung ke Kanada masih memadai (kalau perlu lakukan permohonan penambahan ijin tinggal), biaya gratis untuk LINC yang di selenggarakan oleh State / Negeri, adapun LINC swasta ada sedikti biaya lain-lain.

    Kalau ada waktu sangat baik Mas James mencobanya.
    Salam Antusias.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s