Melihat Dengan Hati …


Siang itu langit tampak gelap, cuaca mendung. Hmmm, kelihatannya sebentar lagi bakal turun hujan lebat nih. Takut kehujanan, bergegas saya memasuki mobil angkutan kota ( angkot ) yang kebetulan lewat. Perjalanan ke rumah teman tadi cukup melelahkan. Membuat saya ingin segera menjejakkan pantat di jok  angkot.

Sebetulnya bawaan saya tidak banyak, hanya sebuah tas tangan. Tapi entah kenapa, saya malas untuk mengambil satu-satunya tempat duduk yang masih tersedia di pojok. Saya justru meminta ( jika bukan memaksa ) seorang gadis muda yang duduk dekat sana agar toleran dan menggeser tempat duduknya lebih ke dalam. Saya merasa agak repot dan menyusahkan jika mengambil tempat duduk agak ke dalam.

Saya pikir, tidak ada masalah toh meminta gadis muda dengan pakaian sederhana – yang jauh lebih kurus daripada saya – untuk berpindah tempat. Anehnya, gadis itu dengan tersenyum memenuhi permintaan saya. Sama sekali tak tampak keberatan atau kesal di raut wajahnya.

Tapi, ya ampun. Setelah itu saya merasa malu sendiri, ketika tak lama kemudian si gadis menghentikan kendaraan. Tempat yang ditujunya ternyata jauh lebih dekat dari saya. Tapi, bukan karena itu yang membuat saya tertegun. Untuk turun dari angkot, gadis muda tadi harus berjalan terseok, bahkan mengesot serta meraba-raba, membuat saya merasa menjadi makhluk paling egois di muka bumi. Ia tak Cuma pincang ( salah satu kakinya lebih kecil ), tapi juga buta.

Ternyata, apa yang saya lihat dengan mata bukanlah penglihatan yang sesungguhnya. Dengan segala kesempurnaan yang saya miliki, mestinya saya mampu berbuat lebih baik dan memberikan kemudahan kepada sesama. Tapi itu tidak saya lakukan. Sebaliknya gadis tadi, dengan segala keterbatasan penglihatannya, jauh lebih bisa melihat peluang untuk berbuat lebih baik. Karena ia melihat bukan dengan mata, melainkan dengan hati.

(**disadur dari rubrik Lentera majalah Intisari edisi Oct 2010**)

Author: Sumarwoto Hadi

Menabur ilmu, menebar benih kebahagiaan saat ini dan masa depan....

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s