Wanita Misterius Memakai Ponsel di Tahun 1928, Penjelajah Waktu?


HOLLYWOOD–Seorang wanita tua berjalan melintasi trotoar jalan. Seorang diri, wanita yang mengenakan pakaian warna hitam itu berjalan sambil mulutnya berbicara ke sebuah benda yang dipegang tangan kirinya dan diletakkan didekat telinga kirinya. Wanita itu jelas sekali tampak sedang berbicara melalui telepon genggam. Wajah wanita itu terlihat agak tersembunyi di balik topi hitamnya.
Adegan wanita yang sedang berbicara melalui ponsel, bila dilihat di zaman sekarang, merupakan sebuah pemandangan yang biasa. Lazim ditemui di banyak adegan film, atau kehidupan sehari-hari. Namun apa jadinya bila itu terekam dalam sebuah film dokumenter yang dibuat pada 1928?

Wanita misterius itu terekam dalam film hitam putih yang dibuat Charlie Chaplin pada 1928. Keberadaan wanita misterius itu diketahui oleh sutradara film asal Irlandia, George Clarke, yang kemudian mengunggahnya ke Youtube baru-baru ini. Clarke mengetahuinya dari album DVD film Charlie Chaplin yang dibelinya.

Dalam film itu, Chaplin sebenarnya hanya ingin mendokumentasikan pemutaran perdana filmnya yang berjudul ‘The Circus’ di Teater Cina di Hollywood. Chaplin mengambil gambar orang-orang yang berdatangan ke teater itu untuk menyaksikan pemutaran perdana filmnya. Hingga tiba-tiba muncul wanita misterius itu yang tengah asik berbincang-bincang melalui telepon seluler itu.

Keberaan wanita misterius itu pun kini menjadi perbincangan. Apakah mungkin di saat itu sudah ditemukan teknologi telepon genggam? Pasalnya, teknologi ponsel baru ditemukan di awal 1970-an. Sebagian orang menganggap, wanita misterius itu merupakan penjelajah waktu (time traveler).

Mungkin pembaca ingat film ‘Back to The Future’ yang dibintangi Michael J Fox? Ya, wanita itu dianggap tak ubahnya seseorang yang dapat melintasi waktu sehingga sudah menggunakan teknologi telepon genggam, mendahului zamannya.

Bagaimana menurut anda? Adakah penjelasan rasionalnya?

source http://republika.co.id/

Author: Sumarwoto Hadi

Menabur ilmu, menebar benih kebahagiaan saat ini dan masa depan....

3 thoughts on “Wanita Misterius Memakai Ponsel di Tahun 1928, Penjelajah Waktu?”

  1. Untuk bisa berfungsi sebagai alat komunikasi, telepon genggam atau HP membutuhkan piranti lain yang jelas-jelas harus ada. Yaitu towernya.Tower memang memiliki fungsi sebagai penyalur dan penerima signal. signal inilah yang kemudian dijadikan ‘kendaraan’ oleh gelombang suara manusia.
    Jadi bisa dikatakan tower yang menghubungkan antara 2 orang yang sedang berbicara melalui HP.
    Untuk kasus wanita misterius diatas, sekarang bisa muncul sebuah pertanyaan. Dari tower manakah gelombang suara wanita tersebut, diterima? Kalau di saat itu memang sudah ada tower, maka wanita tersebut bukan satu-satunya yang memegang HP.
    Tetapi di artikel tersebut dikatakan bahwa teknologi HP baru ditemukan pada tahun 1970an.
    Jadi kalau menurut pribadi saya, wanita yang tengah berbincang sendiri sambil menempelkan sebuah benda di telinganya tersebut bukan tengah ngobrol sambil berHP. Bisa jadi benda tersebut semacam alat pemutar musik (tape). dimana wanita tersebut ingin mendengarkannya lebih jelas, dan menempelkannya di telinga kirinya. Sedangkan ketika dia berbicara sendiri, bisa jadi dia tengah menirukan syair dalam lagu yang tengah didengarkan tersebut. Seperti kita tahu, di Amerika ada lagu-lagu yang modelnya seperti orang berbicara atau dikenal dengan RAP.
    semoga penjelasan diatas bisa menambah wacana, dan dipersilahkan bila ada yang menambahkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s