Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit


Kartu kredit sekarang ini sudah menjadi gaya hidup bagi semua orang di perkotaan , di bandara kalau kita tidak bisa masuk Airport Lounge dengan gratis di ejek ama temen serobongan ,kita masuk restoran besar dengan fasilitas discount yang fantastik pembayarannyapun harus dengan kartu kredit ,bayar cash yahhh harga penuhh deh,mau cicil barang gampang, itulah sebagian dari manfaat dan fasilitas yang kita dapat bila menggunakan kartu kredit, tetapi jangan juga terlena karena kartu kredit adalah bak pisau tajam yang kalau kita tidak smart menggunakannya akan teriris dan merasakan petapa perihnya , bila bijak menggunakannya akan menghasilkan masakan yang luar biasa enak .

Demikian pula kartu kredit bila kita menggunakan dengan bijak maka beragam fasilitas yang memanjakan akan kita dapat ,atau kita bisa mnggunakan dengan cerdik untuk bisnis akan menghasilkan tambahan aset yang memukau ( nanti di postingan berikutnya di peluang bisnis kartu kredit), bila kita tidak bijak maka masuk ke jurang hutang yang tiada berujung yang berakhir dengan habisnya aset-aset kita untuk membayar tagihan bulanan .
Sedikit Tips dari saya cara bijak menggunakan kartu kredit :

  • Berapa Pendapatan Anda: ini sangat penting bagi anda yang baru mau proses kartu kredit berapa dulu penghasilan anda,bisa syarat-syarat punya kartu kredit rata2 2jt perbulan ,bila anda blum mencapai syarat dasar tersebut jangan pernah di paksakan punya kartu kredit pasti natinya anda akan terbelit hutang ( realitas sekarang masyarat gaji 1,5jt/1jt dipaksakan buat kartu kredit dengan cara menaikan slip gaji biar dapat kartu saya garansi 1thn aman tapi menginjak tahun 2 atau ketiga saya garansi anda akan terbelit hutang kalau syarat dasar anda tidak terpenuhi ).
  • Batasi pemakain kartu kredit anda maksimal 25% dari aset anda baik tabungan atau deposito anda , kenapa demikian kalau terjadi sesuatu anda masih sanggup untuk melunasinya.
  • Pilih Bank yang memberi penawaran bunga yang paling rendah ( walaupun rata-rata bunga kartu kredit sama tapi tiap perbankkan memberi penawaran bunga yang berbeda-beda contohnya bank mandiri walapun bungan belanja sama dengan yang lain tetapi memberikan program powercash, dana tunai dengan bunga hanya 1% ).
  • Bayarlah tagihan anda secara ful payment ( bayar penuh semua tagihan ) setiap bulan agar anda tidak terkena bunga kartu kredit 3,5%.
  • Bayarlah tepat waktu sebelum jatuh tempo agar anda tidak terkena late cash,( untuk bank asing mohon 3 hari sebelum jatuh tempo ).
  • Jangan pernah menggunakan Cash Advace diatm kalau tidak terpaksa banget.
  • Ambil Bank Penerbit kartu dengan Iuran tahunan atau bulanan yang tidak memberatkan.
  • Miliki maksimal 2 kartu kredit untuk pengguna konvensional ,Gunakan sebanyak -banyaknya bila anda berbisnis dengan dana dari kartu kredit.
  • Jangan menganggap kartu kredit itu sebagai tambahan penghasilan, banyak fenomena akhir2 ini karena krisis global berdampak ke kita dengan gaji yang tidak naik tapi kebutuhan serba naik terus maka banyak yang berlomba-lomba mencari kartu kredit sebanyak-banyaknya , pakai sebanyak-banyaknya,bayar semampunya, saya garansi anda akan terjebak dalam hutang yang berkepanjangan.

Source http://panduankartukredit.com/

Author: Sumarwoto Hadi

Menabur ilmu, menebar benih kebahagiaan saat ini dan masa depan....

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s