Stres Berat? Tenang, Atasi Saja dengan Empat Hal Ini


Stres bisa menyerang siapa saja, tak terkecuali para wanita. Hal itu tidak dapat dihindari karena aktivitas harian yang sangat padat, pekerjaan, tekanan, dan banyak pikiran. Namun, yang terpenting adalah bagaimana wanita bisa mengatasi stres dengan keseimbangan hidup.
Menurut dokter ahli gizi dari Rumah Sakit Hermina Jakarta, dr Ida Gunawan MS SpGK, seringkali wanita modern melupakan pentingnya menjaga keseimbangan hidup karena sibuk beraktivitas.Akibatnya mereka kurang memerhatikan asupan nutrisi yang tepat serta menjalani gaya hidup yang kurang sehat.

Ida menyatakan, gaya hidup seimbang dipengaruhi empat hal. Yaitu nutrisi yang tepat, olahraga teratur, istirahat cukup, serta menjaga gaya hidup. Oleh karena itu  wanita perlu lebih memberikan perhatian pada kecantikan dan kebersihan kulit, tubuh, dan kesehatan..

Kaum wanita perlu mengonsumsi vitamin dan  mineral yang kaya antioksidan secara teratur. Menurut Ida, kebutuhan nutrisi adalah sangat individual karena dipengaruhi faktor usia, berat badan, tinggi badan, aktivitas fisik, kondisi kesehatan, dan jenis pekerjaan. Namun secara mudah kebutuhan nutrisi dapat ditentukan dengan menghitung berat badan ideal (BBI), kebutuhan kalori (BBI x 25 KKAL), jenis aktivitas, dan kebutuhan asupan makanan yang cukup.

Untuk kebutuhan standar, dibutuhkan 45 hingga 65 persen kabohidrat dari kebutuhan kalori total, 12 hingga 20 persen protein dari kebutuhan kalori total,  25  hingga  30 persen lemak kebutuhan kalori total,  5 hingga 6 jenis sayuran dan buah-buahan sehari, dan minum delapan  gelas air per hari. Nutrisi yang ideal untuk wanita aktif sebenarnya sama saja dengan pria,  tambah Ida.

Ida menyarankan para wanita untuk membawa makanan sehat dari rumah untuk menjaga kadar kolesterol dan gula tetap baik. Pasalnya, 80 hingga 90 persen penyakit berasal dari makanan. Jangan terlalu sering minum minuman kemasan. Proses penyakit terjadi bertahun-tahun. Sedini mungkin tanamkan pola makan sehat. Sebab banyak kasus karena pola hidup tidak sehat menopause wanita maju jadi usia 35 hingga 40 tahun, kata dia

Setelah kebutuhan nutrisi terpenuhi, maka langkah selanjutnya  adalah berolahraga secara teratur demi menjaga hidup seimbang.  Selain untuk membuat tubuh sehat dan  mengalirkan darah, olahraga  ternyata juga merupakan salah satu cara alami untuk menurunkan tingkat stres.

Nutrisi dan olahraga, sambung Ida, perlu ditunjang dengan istirahat yang cukup. Lamanya istrihat berkisar antara enam  hingga delapan jam per hari terrgantung pola istirahat tiap wanita. Dan terakhir, hidup seimbang perlu dilengkapi dengan tidak melakukan aktivitas yang dapat mengganggu kesehatan tuhuh, seperti minum alkohol, merokok, dan begadang.

Kalau gizi sudah seimbang, tidak diperlukan asupan suplemen. Biasanya suplemen dibutuhkan ketika kondisi badan sedang tidak fit,  jelas Ida.

Source http://republika.co.id/

Author: Sumarwoto Hadi

Menabur ilmu, menebar benih kebahagiaan saat ini dan masa depan....

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s