Jadi Mahasiswa Harus Hemat, Ini Tipsnya!


Salah satu masalah yang umum dihadapi para mahasiswa adalah soal keuangan. Kayaknya enggak ada deh mahasiswa yang enggak kesulitan mengatur uang bulanan mereka.
Tapi enggak usah khawatir, semepet apa pun uang bulanan kita, ada beberapa kiat yang bisa kita terapkan untuk menghemat bujet. Berikut daftarnya seperti dinukil dari laman Surviving College, Sabtu (10/11/2012).

Belajar memasak

Fast food memang enak dan praktis. Begitu juga dengan makan di rumah makan. Kita tinggal datang, pilih makanan, membayar, dan pulang dengan perut kenyang. Tapi, coba deh mulai belajar masak dari sekarang, termasuk menyiapkan camilan yang akan kita bawa ke kampus. Tidak hanya hemat, tubuh kita pun akan berterima kasih dengan pola makan sehat ini.

Cari versi murah buku-buku teks

Rasanya frustrasi banget ya mengetahui kita harus memiliki buku teks yang hanya akan dipakai beberapa bulan tapi harganya amat mahal? Buku teks memang salah satu pos pengeluaran mahasiswa yang cukup menguras kocek setelah sewa kamar dan uang kuliah. Untuk menyiasatinya, carilah beberapa pilihan yang dapat kita ambil untuk memenuhi kebutuhan buku teks kita. Siapa tahu adaversi online yang bisa kita unduh. Mau tahu cara mendapat buku teks murah? Klik di sini.

Bekerja sampingan

Menyeimbangkan pekerjaan, kuliah, dan kehidupan sosial bisa jadi sangat sulit, padahal pekerjaan sampingan bisa memberi kita uang jajan tambahan. Triknya, bekerja saja di lingkungan kampus, misalnya dengan magang. Jika bekerja di kampus biasanya kita akan mendapat jadwal kerja yang fleksibel, tergantung jam kuliah.

Kerjakan semua sendiri 

Sering kali kita harus merogoh kocek dalam-dalam untuk menyulap kamar kos senyaman kamar di rumah sendiri. Mengapa tidak membuat dekorasi sendiri? Kita bisa kok mengubah kamar kos kita menjadi cozy dan stylish dengan proyek dekorasi mandiri. Cari berbagai tutorial do it yourself  tentang mendekorasi ruang di internet, kemudian aplikasikan gaya yang paling oke untuk kita. Selain itu, enggak usah gengsi membeli barang murah di garage sale atau obral kaki lima.

Cari gratisan

Banyak toko menawarkan harga khusus mahasiswa. Bahkan, ada juga usaha jasa yang menawarkan pelayanan atau keanggotaan gratis bagi mahasiswa. Jangan segan untuk bertanya tentang promosi semacam ini. Banyak loh event seru yang bisa kita ikuti gratis!

Nah, sekali kita menguasai tips ini, kita pun akan lebih mampu menghemat uang. Kita cuma butuh sedikit riset dan rencana keuangan, kok. Selamat berhemat!

Sumber http://kampus.okezone.com/

Author: Sumarwoto Hadi

Menabur ilmu, menebar benih kebahagiaan saat ini dan masa depan....

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s