Trik Buat Judul Skripsi Menarik


Judul ibarat etalase. Maksudnya Ibarat etalase, judul menjadi hal yang paling menarik untuk dilihat. Kalau judulnya saja tidak menarik dan terlalu biasa, orang tidak akan membaca tulisan kita. Sementara judul yang menarik bisa membuat kita penasaran dengan isi dari tulisan tersebut .

Dalam menulis skripsi atau tesis, judul menjadi sangat penting karena menunjukkan kualitas atau bobot skripsi atau tesis tersebut. Judul skripsi atau tesis berbobot adalah judul yang berkarakter karya monumental. Sifat atau karakter inilah yang mampu mendorong lahirnya temuan-temuan baru yang segar, original, dan jauh dari plagiat.

Menurut buku Libas Skripsi dalam 30 Hari karya Suyadi M.Pdi, ada lima strategi menemukan judul skripsi atau tesis yang berkarakter. Yuk, simak strategi tersebut.

Pilih Mata Kuliah yang Paling Disukai 
 
Strategi dalam menyusun skripsi maupun tesis adalah memilih topik atau judul sesuai dengan minat masing-masing, yaitu sesuai dengan konsentrasi studi dan mempunyai daya tarik yang tinggi untuk diteliti. Misalnya, dengan memilih mata kuliah yang paling disukai untuk pengembangan, dalam rangka penulisan skripsi maupun tesis.
 
Cermati isu-isu yang paling hangat diperbicangkan 
 
Dunia akademik hampir tidak pernah sepi dari isu-isu menarik. Baik yang linier maupun kontroversial bisa diangkat dalam penelitian untuk penulisan skripsi atau tesis. Tetapi, tidak semua isu tersebut dapat diangkat dalam penelitian. Oleh karena itu, kita harus mempunyai cara untuk mengetahui  pasti isu-isu akademik yang hangat diperbincangkan dalam forum-forum ilmiah akademik. Berikut beberapa media dan forum ilmiah sebagai sumber inspirasi untuk mendapatkan ide menarik.

1. Seminar, workshop, dan lokakarya
Seminar, Workshop, simposium, lokakarya, dan berbagai forum ilmiah lainnya merupakan respons dunia akademik terhadap new issues di bidang keilmuan masing-masing.
 
2. Melaui pidato pengukuhan guru besar 
Dalam pidato pengukuhan sebagai guru besar, seorang profesor pasti akan selalu mengangkat isu–isu ilmiah paling mutakhir di bidang keilmuannya masing-masing.
 
3. Melalui media massa 
Cermatilah isu-isu ilmiah dari berbagai media tersebut. Setelah itu, kaitkan berbagai isu itu dengan mata kuliah pilihan yang paling anda minati.

4. Baca buku-buku terbaik yang berkaitan 
Sesungguhnya, yang menjadi persoalan bukan bisa atau tidaknya menemukan judul skripsi atau tesis dengan banyak membaca buku. Tetapi, terletak pada kemapuan anda membaca buku sebanyak mungkin

5. Jelajah Pustaka 
Jelajah pustaka atau lebih akrab disebut kajian pustaka adalah review terhadap penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya dan berkaitan dengan penelitian yang akan ditempuh. Semakin banyak review terhadap penelitian-penelitian terdahulu yang relevan, semakin baik kualitas penyusunan skripsi maupun tesis.

Munculnya Satu Ide Kreatif 
 
Menemukan judul skripsi atau tesis, yaitu dengan cara memilih matakuliah paling diminati, mencermati isu, membaca buku, dan jelajah pustaka adalah mempunyai tujuan penting yaitu, menemukan judul kreatif, orisinal dan genuine. Dengan hal tersebut, walaupun sulit dilakukan, tetapi metode tersebut akan mempermudah anda dalam memunculkan ide kreatif.

Itulah beberapa strategi agar menemukan judul yang kreatif dan berkarakter. Jadi, berpikir keraslah untuk menemukan ide baru yang orisinal dalam penulisan skripsi atapun tesis.

Sumber http://kampus.okezone.com/

Author: Sumarwoto Hadi

Menabur ilmu, menebar benih kebahagiaan saat ini dan masa depan....

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s