Apa Manfaatnya Sering Berhubungan Intim ?


ilustrasi_pasangan_bahagia_ok_01123HUBUNGAN seks memberikan banyak manfaat kesehatan untuk pasangan suami istri. Tak ada yang meragukan pernyataan ini. Namun berapa kali sebaiknya hubungan intim dilakukan dalam seminggu? Ini tergantung berapa banyak manfaat yang ingin Anda dan pasangan dapat.

* Sekali seminggu

Melakukan hubungan seks seminggu sekali memberikan manfaat terkait berat badan. Helen Fisher, PhD, ahli antropologi biologis di Rutgers University, New Brunswick, New Jersey, menjelaskan seks merangsang otak melepas hormon oksitosin yang bisa meningkatkan kualitas tidur. Semakin berkualitas tidur Anda, semakin terkontrol berat badan Anda. Tidur mengatur rasa lapar yang terkait dengan hormon ghrelin dan leptin.

* Dua hari dalam seminggu
Studi di Wilkes University memaparkan orang yang melakukan hubungan seks 2-3 kali seminggu memiliki protein immunoglobulin A (IgA) 30 persen lebih banyak yang memproteksi tubuh dari penyakit. Para peneliti meyakini efek dari seks seperti relaksasi dan pendorong mood punya peran penting terhadap kesehatan tubuh.

* Tiga hari dalam seminggu
Kalau Anda melakukan hubungan seks seminggu tiga kali, Anda mengurangi risiko serangan jantung hingga 50 persen. Studi di University of Bristol menyebutkan, hubungan seks rutin seminggu tiga kali baik untuk kesehatan jantung Anda.

* Empat hari dalam seminggu
Peneliti di Rumah Sakit Royal Edinburgh, Skotlandia melaporkan pasangan yang melakukan hubungan seks rutin lebih awet muda 4-7 tahun dibandingkan mereka yang jarang berhubungan seks. Pasangan yang melakukan hubungan intim empat hari dalam seminggu memiliki kulit yang lebih sehat. Bisa jadi karena seks menghasilkan hormon pertumbuhan, yang dapat menurunkan lemak tubuh dan menghaluskan kulit.

* Lima hari dalam seminggu
Bukan hanya penampilan luar Anda semakin menarik, performa juga terjaga dengan rutin berhubungan intim lima kali dalam seminggu. Pasalnya frekuensi seks terkait dengan peningkatan optimisme, energi, fokus dan kreativitas. Semakin sering berhubungan seks, Anda akan merasa lebih positif dan memiliki hubungan yang bahagia. Fisher mengatakan, dengan berbagai dampak positif ini, Anda akan lebih fokus dan termotivasi dalam bekerja, sehingga performa Anda pun meningkat.

* Enam hari dalam seminggu
Semakin sering lagi Anda berhubungan seks dalam seminggu, semakin cerdas otak Anda. Barb DePree, MD, ahli kandungan di Holland, Michigan mengatakan ketika berhubungan seks, aliran darah ke otak meningkat, lalu melepaskan hormon yang bisa meningkatkan kapasitas intelektual. Bahkan dampak lainnya adalah bisa menciptakan sel-sel otak yang baru.

* Tujuh hari dalam seminggu
Tak banyak pasangan yang melakukan hubungan seks setiap hari. Namun jika Anda dan pasangan rutin melakukannya, semakin banyak manfaat yang bisa didapat. Dengan berhubungan intim setiap hari, pasangan akan memiliki mood yang stabil dan positif.

“Seks rutin bisa menurunkan kecemasan, dengan diproduksinya hormon endorphin,” jelas Jonathan R Cole, MD, internis di Westlake Village, California.

Source http://tribunnews.com/

Author: Sumarwoto Hadi

Menabur ilmu, menebar benih kebahagiaan saat ini dan masa depan....

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s