Cara Asyik Mahasiswa Bangun Bisnis Portal


XV2xuXBk3RMembangun sebuah bisnis tak semudah membalikkan telapak tangan serta butuh waktu lama. Namun dengan kemauan dan tekad yang kuat semua itu bisa diraih dengan waktu yang singkat.
Country Ambassador Yahoo! Indonesia Roy Simangunsong membagi resep membangun bisnis yang kuat kepada para mahasiswa. Secara khusus, dirinya memotivasi para anak-anak muda yang akan membangun bisnis di dunia portal.

“Jadi, kalau berbicara bagaimana orang membangun portal yang ada di Indonesia, saya selalu bicara pertanyaan pertama oleh dari para anak-anak muda dan portal apa yang mereka pilih. Biasanya mereka belum menjawab hal yang mendasar dan akhirnya akan menjawab portal yang sama dengan semua portal yang ada di Indonesia,” tuturnya kepada Okezone, Selasa (9/4/2013) malam.

Tetapi apabila mereka sudah menjawab apa yang akan mereka inginkan, seperti membangun bisnis portal, maka para mahasiswa atau anak muda ini harus bertanya kepada diri sendiri alasan ingin membangun bisnis tersebut.

“Kalau mereka memang sudah mengetahui, mereka harus bertanya kepada diri mereka ‘kenapa?’, ‘So what?’. ‘Apa diferensiasi saya?’, ‘diferensiasi saya dengan yang lain bagaimana?’ Itu harus mereka bangun,” tambahnya.

Dia meneruskan, apabila mereka sudah membangun diferensiasi tersebut, serta bisnis portal yang dibangunnya berkaitan dengan konten yang dibutuhkan oleh pihak Yahoo!, maka pihak Yahoo! akan melihat itu sebagai potensi partner.

“Contohnya kita bekerjasama dengan partner-partner lokal untuk membangun user-user daripada lokal portal, karena kita bekerjasama dengan beberapa lokal portal,” jelasnya.

Dia pun memberi saran untuk generasi muda saat ini, sebelum akhirnya membangun sebuah bisnis, sebaiknya sudah memahami betul atau mengerti dengan jelas apa yang akan dibangunnya.

“Kepada anak-anak muda, sekarang mereka harus berani menanyakan kepada diri sendiri. Sebelum membangun sesuatu itu, kenapa mereka harus serius menjalankan bisnis portal,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, Studium Generale yang diadakan Binus University merupakan wujud untuk menjadi “A world-class university, in continuous pursuit of innovation and enterprise.” Ini dilakukan untuk mempersiapkan para mahasiswa agar siap bersaing dalam dunia global.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman lebih kepada mahasiswa Binus University, sekaligus memperkaya wawasan mereka mengenai industri global.

Sumber http://kampus.okezone.com/

Author: Sumarwoto Hadi

Menabur ilmu, menebar benih kebahagiaan saat ini dan masa depan....

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s