4 Manfaat menangis bagi kesehatan


4-manfaat-menangis-bagi-kesehatanSedih memang bukan perasaan yang menyenangkan. Bahkan sedih biasanya diikuti dengan tangisan. Namun tahukah Anda, ternyata menangis memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Mag for Women berikut ini.

Membersihkan racun

Melalui air mata, sebenarnya racun dalam tubuh bisa dikeluarkan ketika seseorang menangis. Racun-racun tersebut sifatnya cukup berbahaya bagi kesehatan. Sehingga membersihkan racun dari dalam tubuh setidaknya mampu menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

Menguatkan diri
Menangis bisa dibilang sebagai bentuk latihan bagi jiwa. Sebab mengeluarkan segala emosi negatif melalui tangisan jauh lebih baik daripada memendamnya dalam hati. Menangis seperti olahraga bagi perasaan sehingga suatu saat ketika berada di posisi serupa, hati bisa lebih kuat dan tegar.

Membuat rileks
Banyak orang mengaku kalau menangis membuat mereka lebih lega. Kenapa bisa demikian? Sebab menangis rupanya membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang bersifat meredakan rasa sakit dalam tubuh. Jadi dengan menangis, tubuh dan pikiran otomatis menjadi lebih rileks.

Menyehatkan jantung
Sebuah penelitian pernah menyebutkan kalau mengekspresikan rasa sakit berisiko rendah terkena penyakit jantung. Oleh sebab itu, tidak perlu menahan diri ketika ingin menangis karena menangis ternyata menyehatkan jantung.

Meskipun begitu, bukan berarti Anda harus menangis sepanjang waktu. Setidaknya, di balik tangisan dan kesedihan, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Sumber http://merdeka.com/

Reporter : Rizqi Adnamazida

Author: Sumarwoto Hadi

Menabur ilmu, menebar benih kebahagiaan saat ini dan masa depan....

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s